Kelas Ibu Hamil Batch 2 Pertemuan Pertama

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar bagi para calon ibu tentang kesehatan bagi ibu hamil secara keseluruhan. Tujuan kelas ibu hamil adalah mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar.
Materi pada kelas ibu untuk hamil akan disampaikan oleh bidan atau tenaga kesehatan. Namun, Anda juga bisa bertukar ilmu atau sharing dengan ibu hamil lain yang menjadi peserta kelas tersebut sehingga kegiatan ini sekaligus dapat dijadikan sebagai ajang sosialisasi bagi ibu hamil.

Manfaat kelas untuk ibu hamil
Berikut sejumlah manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil jika mengikuti kelas prenatal:
1.Mendapatkan konsultasi lebih awal dan langsung dari ahlinya
Dapat mempelajari kehamilan lebih dini
2.Mendapatkan informasi lengkap seputar kehamilan, keamanan saat hamil, hingga proses menuju persalinan
3.Ruang untuk bersosialisasi dan berbagai pengalaman dengan sesama ibu hamil
4.Mendapatkan standar nutrisi kehamilan
5.Tempat belajar senam hamil

Kelas prenatal biasanya dilakukan dalam 3 kali pertemuan selama hamil atau sesuai dengan kesepakatan antar peserta kelas ibu hamil.
Dikutip dari Departemen Kesehatan RI, pada setiap pertemuan, ibu hamil akan mendapatkan materi seputar kehamilan yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ibu hamil.
Kemudian, di akhir pertemuan akan dilakukan senam hamil. Senam ibu hamil merupakan kegiatan ekstra yang dilakukan fasilitator untuk mengajari para ibu agar dapat mempraktikkannya secara mandiri di rumah.
Waktu pertemuan dalam kelas prenatal ini bisa dilakukan pada pagi atau sore hari dengan lama waktu pertemuan 120 menit, termasuk senam hamil 15-20 menit.

About Admin Dinkes

Jl. Cakraningrat No 02, Kota Pasuruan